Membedakan investasi dengan tabungan

DSC02774 - CopySetiap pribadi yang berminat membangun kehidupan finansial yang lebih baik patut mencermati kedua istilah ini; Investasi dan tabungan. Kedua istilah ini amat sering dipertukarkan, dipahami dan dijadikan dasar prilaku bisnis yang sepadan. Padahal keduanya berbeda tegas. Pertama, Investasi merupakan kapitalisasi modal (dana) yang peruntukannya tunggal yakni memperkuat daya dukung usaha selanjutnya. Setiap rupiah yang diinvestasikan diharapkan menambah kekuatan otot-otot finansial bisnis. Sementara tabungan sekalipun dapat disebut investasi namun dari sisi pemanfaatannya majemuk, alias peruntukannya banyak. Dapat digunakan untuk konsumsi, biaya tidak terduga, penyimpanan sementara,dll.

Dalam membangun bisnis atau usaha, seorang pemula perlu belajar membangun karakter berinvestasi. Karakter yang paling menentukan adalah membangun kebiasaan menyisihkan sejumlah pendapatannya untuk tujuan penguatan modal yang pada saatnya dapat dialokasikan kembali  untuk kepentingan penggandaan modal. Karakter ini penting untuk dibangun dengan tujuan membajakan semangat berbisnis dan disiplin membangun modal berkelanjutan.

Jatuh bangunnya, maju mundurnya sebuah usaha seringkali disebabkan oleh tidak membudayanya karakter investasi. Dalam berbagai kasus terlihat bahwa para pengusaha pemula tidak menggunakan hukum investasi sebagai landasan bisnisnya. Bagi mereka yang otot investasinya tidak terbangun dengan baik biasanya akan mudah tergoda untuk membelanjakan profit bisnis pertamannya untuk keperluan yang menjauh dari tujuan rekapitalisasi modal. Padahal dalam bisnis berlaku hukum penggandaan. Setiap keuntungan yang diakumulasikan sebagai modal akan melipatgandakan kekuatan atau energi dalam rangka menghasilkan kembali profit. Hingga pada tingkat pencapaian profit tertentu dapat dialokasikan membiayai keperluan. Prinsip dari investasi adalah membangun mesin bisnis yang bukan saja memproduksi modal berikutnya, namun keuntungan yang dapat dinikmati.

Di mata investor, profit adalah modal atau multiflikasi. Di mata penabung profit adalah konsumsi !